Home      Photo Gallery     Bikin Blog      Hobbies     About      

Tuesday 20 February 2007

UBI BAKAR

Pernahkah anda menanyakan cara memasak makanan yang akan anda makan sewaktu ke rumah makan? Tentu banyak yang tidak menanyakan hal ini, prinsipnya kalau makanan itu enak dan halal maka tidak dipermasalahkan segala tetek mbengeknya, betul nggak?? Pernah suatu kali kami kedatangan tamu seorang ibu bernama ABC (seperti merk baterei aja namanya ) dari Indonesia, kebetulan beliau ada pertemuan penting dengan IIT Roorkee India. Setelah urusan selesai, maka kami menemani beliau untuk sekedar jalan-jalan dan berekreasi ke Haridware. Waktu itu diawal musim dingin, kalau udara dingin pasti enak untuk makan. Diperjalanan kami berhenti disebuah rumah makan.

Mulailah kami memesan makanan masing-masing, kulihat Ibu ABC memesan Nasi Goreng, makanan yang masih familier dengan lidah orang Indonesia, walaupun nasi goreng di India rasanya agak berbeda. Setelah memesan dan tidak lupa kami juga memesan Japati. Japati adalah makanan pokok orang India, kalau di Indonesia lebih terkenal dengan nama martabak atau Roti. Rupanya beliau pertama kali makan Japati, gurih rasanya ya, katanya. Lalu kami makan sambil bicara, rupanya beliau suka juga makan Japati, sampai habis 2 buah. Setelah makan kami melihat Ubi bakar di rumah makan tersebut. Beli ubi bakar pak Hery untuk di jalan kata Ibu ABC. Setelah itu beliau bilang mau ke Toilet dulu. Belum sampai kami memesan ubi bakar untuk dibungkus, tiba-tiba ibu ABC sudah kembali dan bilang “Jangan dibeli ubi bakarnya Pak”. Loh katanya ke toilet Bu, kok balik lagi? Sahutku. “Iya saya balik lagi karena melihat dibelakang cara bakar ubinya memakai kotoran sapi. Jadi bakarnya ditumpangi diatas kotoran sapi yang dibakar. Jorok itu, udah jangan dibeli”, kata ibu ABC sambil buru-buru balik ke Toilet. Aku tersenyum mendengar perkataan beliau, aku tahu kotoran sapi yang dimaksud adalah bahan bakar untuk memasak yang banyak digunakan oleh masyarakat India. Memang bahan bakar ini bahannya dari kotoran sapi, tetapi sudah difermentasi dan dicampur dengan ampas tebu. Kalau anda ke India, maka anda akan menemukan banyak sekali bahan bakar ini di jemur dipinggir-pinggir jalan. Bentuknya seperti lempengan kotoran sapi yang sudah dikeringkan. Bahan bakar ini sebetulnya bisa dicontoh untuk masyarakat Indonesia sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah yang mahal.
Akhirnya kami tidak jadi membeli ubi bakar tersebut, tetapi dalam hati saya tersenyum dan tidak tega untuk bilang kepada beliau bahwa 2 buah japati yang katanya gurih dan sudah dimakan beliau juga dimasak dengan bahan bakar tersebut.
Iya kan? Kalau tidak mengetahui cara memasaknya, maka tidak jadi masalah.

14 comments:

Unknown said...

Hehehehe...lucu bener nih ceritanya..
Tapi abis makan japati gak sakit perut kan?

Btw,..kalo di Indonesia biasanya ada kolam Lele yang diatasnya ditaruh kandang ayam. Supaya kotoran ayamnya dimakanin sama Lele yang ada di kolam.INsya Allah Lelenya pada gemuk2 kok...

Anonymous said...

hehehhe, tp udah bukan rahasia umum lagi kan di india masak pake kotoran sapi , trus sampe saat ini udah dibongkar blm rhasia japatinya ke ibu baterai (eh..abc dink :D)

endik said...

itu bahan bakar alamiah, bentuknya mirip krupuk kemplang om..? kalo kepepet bisa digoreng buat lauk ya om...?

mengenai bahan bakar alternatif sebenarnya sebuah ide bagus, dan di daerah kulonprogo-bantul DIY banyak yang memanfaatkan gas dari timbunan kotoran sapi.. tidak berbau karena sudah terfermentasi secara alamiah.. sekitar th 1996an (kalo gak salah, njenengan malah mungkin lebih tahu... :D) ada upaya untuk memasyarakatkan hal serupa dengan memanfaatkan gas dari jumbleng tiap tiap rumah namun sayang animo masyarakat hampir tidak ada (mungkin jijik.. :P)

pyuriko said...

Waahhh, ternyata bahan bakarnya pake itu yaaa.... tp soal rasa pasti gak kalah enak kan yaaa??? Buktinya Pak ABC makan Japati sampe 2x, hehehehe.

Enak banget kalo makan ubi bakar ditemenin kopi asal Indonesia,... baauuunyaaa hhhaarruuum....

Anonymous said...

@RM. Arki Rifazka: Spt habis makan lele, nggak sakit jg kan?:D
@Kenny : Udah biasa tuh, kalau japati masaknya pakai Tong yg sudah dimodifikasi jd dari luar ga keliatan kalau bahan bakarnya sama:). Ibu ABC belum tahu :D
@Advendi : Iya kadang rasa jijik itu yg jadi masalah, padahal sehat dan efektif jg kok, jd bisa sebagai daur ulang sampah organik tuh:)
@Pyuriko : Rasa, enak jg, seperti klo aku pulkam, yg aku cari Nasi Goreng yg pakai areng masaknya, rasanya lebih enak daripada pakai kompor gas dan harganya lebih mahal loh:). Pengen kopi ituuuu:)

Mashuri said...

Kotoran sapi itu tuh sarang empuk Cl. tetani itu lho kuman penyebab tetanus.....Jadi kalo kotoran sapi jadi biogas kayak di India artinya CARA TETANUS MATI ANGET.......he...he....

just Endang said...

kalo wong jowo kan dulu mbakar ubi di abunya kayu bakar, nggih tho? Eh, tau kupang nggak, makanan jawa timur? pernah makan..? gosipnya, ngambil kupangnya pake......

Anonymous said...

Hehehe..justru thelethongnya (tahi sapi)itu yg bikin ubi jadi wenaaaakkk, Jadi tambah manis katanya he..he..

Anonymous said...

@Mashuri : Iya jg yah hihihi
@Endhangwithnadina : Inget waktu kecil nyolong telo ning sawah, trus dibakar rame2 karo konco2 hihihi, ngambil kupangnya pake titik2 jg ah :)
@de : Tambah gurih yo :)

Anonymous said...

Weh, iya yah, mending ngga usa tau cara masak nya, pasti nyam nyam itu rasanya..kekeke

Hery Martono said...

@Raffaell : Iya mungkin :)

NiLA Obsidian said...

semoga rahasianya ga nyampe ke si ibu ABC deh ya....
kesian juga....ntar blio jd Ibu XYZ...alias pinsan....(halah..apaaa seeehh?)

Anonymous said...

@Nila Obsidian : smoga ga tahu blogku yg ini hehehe

rahmi_ar said...

mungkin krna bisa menghasilkan bahan bakar itu jg ya yg bikin sapi jd disucikan :D