Home      Photo Gallery     Bikin Blog      Hobbies     About      

Monday 12 February 2007

Aneka Makanan Gorengan dari India

Pengen tahu makanan gorengan dari India? Di India banyak sekali makanan gorengan, tetapi hati-hati dalam memilih makanan tersebut. Karena masakan India sering tidak cocok untuk lidah orang Indonesia. Hal ini disebabkan masala yang ada di masakan tersebut. Masala adalah ramuan dari beberapa bumbu rempah, bisa dicampurkan sewaktu memasak dan bisa juga hanya ditaburkan saja sebelum disajikan.

Saya sarankan, kalau belum tahu atau pertama kali datang ke India? Dalam memilih menu sebaiknya pilih masakan yang tanpa masala. Dan untuk gorengan, jangan lupa waktu pesan bilang “Without Masala”, karena kalau tidak bilang, maka gorengan akan ditaburi bumbu masala. “Without Masala” adalah kata yang berharga bagi yang mempunyai lidah manja dan perut yang tidak tabah. Saya termasuk orang yang beruntung karena memiliki lidah yang tidak manja, yang bisa makan apa saja walaupun perasaan saya sebetulnya mengatakan kalau makanan tersebut tidak enak. Dan juga mempunyai perut yang tabah, yang jarang protes walaupun makanan yang masuk kadang membuatnya menjerit. Tahu kan cara perut kalau protes? :)  Kembali ke makanan gorengan, karena kebanyakan penduduk India vegetarian, maka kita akan susah untuk menemukan gorengan yang mengandung daging baik ayam, kerbau (kenapa saya sebut kerbau, karena Sapi dilarang disembeleh apalagi dimakan di India) atau telor. Kebanyakan bahan dasar masakan India adalah kentang. Mbah Mc. Donald saja ikut masak kentang kalau di India, jangan harap menemukan ayam goreng mbah Mc. D. di India.

Brad Pacori
Brad pacori adalah makanan dengan bahan dasar roti tawar dan kentang, kentang direbus, setelah matang ditumbuk halus dan dicampur aneka bumbu (jahe,garam,gula, masala dan lain-lain), masukan adonan tersebut diantara 2 roti tawar, luarnya dilumuri tepung pacori yang diencerkan dengan air, lalu digoreng. Sajikan sewaktu masih panas, maka anda akan merasakan tidak enaknya makanan ini kalau tidak biasa hehehe.

Pacora
Pacora ini banyak macamnya, ada aloe pacora (aloe=kentang): yaitu kentang dipotong kecil-kecil lalu dilumuri tepung pacori yang sudah diencerkan air, lalu digoreng. Kenapa banyak macamnya, karena kentang bisa diganti dengan bahan yang lain seperti cabe, namanya jadi chili pacora, trus bisa juga diganti Brokoli, bayam, ubi dll. Namanya mengikuti bahan dasar tersebut dibelakangnya ditambahin pacora. Sajikan dalam keadaan panas.

Momo
Kalau dilihat bentuknya, makanan ini seperti siomay di Indonesia, siomay ini terbuat dari adonan tepung lalu diisi dengan daging ayam cincang plus bumbu untuk yang Non vegetarian, sedang untuk yang vegetarian tidak memakai ayam, jadi Cuma sayur dan bawang merah. Setelah adonan jadi dan dimasukan isinya lalu di kukus. Sajikan dalam hangat dan dilengkapi dengan sambel. Sambel yang terlihat di foto warnanya sama dengan sambel di Indonesia, tapi rasanya beda gitu loh. Masih enak sambel trasi bagiku hehehe. Sebelum disajikan bisa juga digoreng terlebih dahulu, dan biasanya dihidangkan dengan lalapan bawang merah. Di India bawang merah bisa dijadikan untuk lalapan.

16 comments:

Abah Ruli said...

hem, kabita euy ! maklum aku juga pernah mencicipi masakan india, pakistan & turkey. Satu hal pasti perut & lidah saya emang mbandel yg penting nyampai perut, apalagi kalau yg gratisan ..he..he..

Anonymous said...

yeaks....
wah perutku termasuk yang manja nih, bahaya klo di india, ngga ada yang crispy2 gitu ya, apalagi ga ada ayam, wadoooo, gimana tu ?

pyuriko said...

Saya ngiler sama Brad Pacori, sprtnya enak.... yyuummmmy....

Dan skrg saya tahu apa Momo itu....

Anonymous said...

ngomong2 udah pernah kena diare nggak di india?
pantes aja keringet mereka bau, lalapannya bawang merah sih :D

zuki said...

masakan India kan enak-enak ... aduh jadi ngiler nih ... :)

mel@ said...

kalo aku masarin siomay di india laku keras kali ya hehehe... habis dilihat dari deskripsi dan penampakan... kok masih lebih enak masakan indonesia ya...

Mashuri said...

Wisata kuliner. Sepertinya cocok untuk ngangatin badan? Kalo with Masala=pedas, Mas?

Hery Martono said...

@abah-ruli13 : Sama Om hehehe
@Raffael : Ayam ada tapi jarang, hanya tempat tertentu
@pyuriko : Enak klo buat saya pribadi hihihi
@Kenny : Diare dah pernah, smoga ga terulang lg :)
@Zuki : Enak bagi yang doyan seperti saya Om, tapi kebanyakan teman2 pd protes nggak suka. Termasuk teman dari negara lain jg banyak yang ga suka
@mel@ : Kalau masarin di India bilangin yah, aku akan antri yg pertama deh :)
@Mashuri : Cocok dikala musim dingin, cari yg anget2. Masala nggak pedas, masala adalah garam yg dicampur aneka rempah bubuk, rasanya asin tapi aneh

Anonymous said...

kok penampakannya gak ada yang bikin aku ngiler ya? apa cuma tampak luarnya aja yang gak eye-catching?

Iman Brotoseno said...

saya suka kambing kari...

Anonymous said...

Ini berapaan yaa yaa Mas harganya?
Ngeliatnya itu loh.. yummi banget... jadi bikin perut tergoda oleh nafsu purba.. nafsu makan, maksudnya.

hehe

Unknown said...

hmm...bikin ngiler aja nih. Namanya juga anak kos, semua makanan juga gak nolak. Apalagi gratis.

Anonymous said...

wah, tambah pengetahuan nih. Salam kenal

EnDah Rezeki said...

Aduh, baru dateng dah disuguhi hidangan...... bae bener yack yang punya rumah, tapi ada yang kurang. Minumnya mana? Oh ya, boleh dibungkus ga ya... tiga-tiganya boleh deh...

Nadiah Alwi - Write at Home Mom said...

Aku n suami suka masakan india :D

Nad

Hery Martono said...

@Venus : Rasanya tidak jauh dng penampakannya hihihi

@Iman Brotosno : Aku jg suka mutten curry :)

@Arifkurniawan : Duarebu sekilo mas dapet bonus payung :)

@Raden Mas Arki Rifazka : Sama aku jg cari gratisan, samp skolah pun aku cari yg gratis hihihi

@dena : Salam kenal jg

@::N:: : Bungkus aja semua, dapet hadiah payung yg bisa ngabisin hihihi

@Nadiah Alwi : Sama2 punya perut yg tabah dunk, sama spt aku jg hihihi