Home      Photo Gallery     Bikin Blog      Hobbies     About      

Friday 13 April 2007

Seledri Jadi - Jadian

Bagaimana rasanya kalau masak sop tidak pakai daun seledri? Pasti ada rasa tidak puas, atau kurang sreg kata orang jawa. Daun seledri sangat susah dicari di India, pernah saya jumpai hanya di Ina Market New Delhi, itupun harganya sangat mahal. Dan kalau hanya untuk masak sop saya harus belanja seledri ke New Delhi kan tidak mungkin. Jarak Roorkee – New Delhi harus ditempuh selama 6 jam, jadi kalau bolak-balik bisa 12 jam. Pepatah bilang tidak ada rotan akarpun jadi, gara-gara prinsip yang satu ini maka sop yang saya bikin rasanya jadi aneh.

Hal ini terjadi 1,5 tahun yang lalu, waktu itu saya ketemu sayuran yang daunnya mirip dengan seledri di pasar, dan baunya juga mirip sekali. Jadi aku pikir pasti rasanya sama dengan seledri, sesampai dirumah aku memasak sop. Begitu seledri jadi-jadian ini aku masukan, tercium bau yang aneh dimasakan. Aku bingung apa yang menyebabkan bau aneh ini. Setelah aku selidiki, ternyata bau aneh itu berasal dari seledri tersebut. Dan rasa sop yang aku bikinpun jadi tidak karuan, baru mencicipinya saja aku sudah mau muntah. Dari pengalaman itu akhirnya setiap belanja sayuran, maka aku mencicipi daunnya sebelum membelinya. Sayuran yang dijual di Roorkee India bisa dibilang banyak yang berbeda dengan sayuran di Indonesia.

Nah itu dulu postinganku kali ini, sebelumnya aku minta maaf karena belum bisa berkunjung ke blog teman-teman, hal ini karena kesibukanku yang lagi ngebut menyelesaikan disertasi. Karena masa berlaku pasportku yang tinggal dua bulan, maka mau tidak mau aku harus bisa menyelesaikan kuliahku ini sebelum habis pasportku. Nanti kalau dah beres semuanya, pasti aku akan balik lagi berkelana di dunia maya ini.

24 comments:

Anonymous said...

pertamaxx!!

jadi sopnya rasa apa kalo pake seledri ajaib??? :D

Anonymous said...

mbikin sop ngga make sledri ya ndak pa2 koq. Kali itu daun ketumbar yah? yg disebut cilantro? baunya kaya walang sawit.....

Mashuri said...

ya betul juga....ntar kalo pasport-nya keburu habis akan jadi makhluq jadi-jadian di sana dunk ya....he...he...

Anonymous said...

kekeke, daun tumbar tuh...bener kayak walang sangit, njengkelke ambune dadine sop-sop an (sop jadi2 an nu)

Anonymous said...

weh jadi pengin nyobain sop yg gak pake daun sledri sama yg pake beda rasanya kayak apa. met berjuang untuk desertasinya. be the best. salam.

Anonymous said...

ya sudah belajar sajahhh..

NiLA Obsidian said...

mungkin kalo pake daun saledri jadi2an...masak sop nya juga jadi2an...yg masaknya juga jadi2 an....kekekekekeke....
ya sudah.....jangan mikirin blog.....urusin aja dulu sekolah....jangan lupa nge blog...
*???????*
heuheuheu

mel@ said...

ceilee... ntar lagi selesai niiihhh kuliahnya...
wah... udah jadi prof dong... :D

Moh Bakhrian Syah said...

Oic... pantesan lama ga di up-date. Sukses ya Mas.... dan salut masih menyempatkan diri buat menghibur kita dengan psotingan yang lucu...

endik said...

saya sering gitu om.. biasa lah.. cah kos.. paling sial waktu KKN, ceritannya di desa tempat saya KKN ada racikan rokok yang dicampur dengan daun 'ganja sayur', bukan ganja beneran tapi semacam daun ceplikan untuk bumbu penyedap masakan (sama fungsinya kayak daun salam) karena ketagihan dengan gaya gayaannya itu dan di pot tetangga sudah habis, maka dengan gagah berani saya mengajari teman mencari di semak sewaktu keluar mancing. bal bul bal bul habis banyak tapi kok rasa beda, toh teman saya nggak tahu. begitu pulang ke posko dan saya kasih lihat sama yang ngajari, lhooo salah daunya (padahal mirip lho, beda diameter dan warna dahannya tok), ternyata itu daun buat tombo orang susah kencing.. akhirnya saya merelakan diri untuk beser selama 4 hari... :(

Manda La Mendol said...

trus itu daun apa ? kok ngga nanya mas ?

Anisa said...

Ada seledri jadi2aan juga ya disana...kalao disini banyak Pak Hery...sebatang 7500 rupiah...jd kalo bikin shoup sisa seledrinya dimasukin ke freser biar gak rusak.

o,iya kmrn malem saya dan keluarga jalan di Swalayan yg biasa saya datangi. Kejutan euy... akhirnya ada tempe disana. Tapi mahalnya gak karuan juga, 80 gram seharga 20 ribu rupiah... Berhubung kangen ya sudah...kita ambil semuanya.Tombo kangen kata suami.

Anonymous said...

wah.. akhirnya om hery posting lagi, selamat ya om.. sebab kalo om gak posting2 lagi akan dicabut gelar blogger sejatinya kata Caretaker KIH.

Mengenai sop yang om hery buat dicampur dengan seledri jadi2an, gak masalah om, tetep enak, karena semua pada tahu kalo masakan om hery tu paling sedap seantero roorkee..

hehehe.. kapan masak sop-nya lagi om? sdh lama gak ngerasain masakan sop buatan om hery.. :D

Krisna Muslim said...

Itulah jadinya kalo masak sambil mikir disertasi... jadinya.. jadi2 an deh. Mdh2 an cepet beres studinya. Sukses selalu.

just Endang said...

gakpapa dapet seledri jadi2an mas, yg penting sekolahnya cepet beres..hehhehe....gak nyambung...aku jg nih, sedang tdk selancar biasanya dlm nge blog...

pyuriko said...

Emang kurang mantap buat sop tanpa daun bawang dan seledri....

Slain buat sop, seledri bagus jg utk di jus... menurunkan kolesterol... dan baik utk kesehatan mata... Iko suka banget gado selederi yang mentang, kriiuukk2.. garing.... rasanya pedes2 enak...


Smoga berjalan lancar disertasinya mas...

Anonymous said...

hihi... jadi penasaran.. sayuran apa sih tuh?

Unknown said...

Pak Hery

Ini Nyoman
Yang tempo hari ke Roorkee training on Small Hydro Power.
Saya coba sms, kayanya ga nyampe ya.
Gimana musim panas ? Apakah musim panas tlah tiba ?
Bagaimana kabar teman-teman di Khosla ?
Kadang-kadang rindu juga sih mengingat Roorkee, tapi tidak untuk sekolah 2 tahun ya. he..he..
Bagaimana cerita India Wedding of The Year (Abishek dan Aiswara Rai)

ayu said...

wah jgn lama2 dong cutinya hiks..
btw mg cpt kelar kuliahnya biar cpt diaplikasikan ilmunya termasuk ilmu kulinernya :D

Anonymous said...

Ditunggu apdetanya ya

Lita Uditomo said...

semoga lancar disertasinya ya, mas..trus bisa blogging lagi..;)

SinceYen said...

Tadinya pas baca judul, ta kirain saledrinya kemasukan roh sup gitu :D
Sukses ya!!

zuki said...

hmmm ... jadi ingat pas ke Amrik, 2 minggu makan sayur mereka - salad - pas ketemu sop, aduuh nikmatnyaaaaa .... daun seledri, daun bawang ... :)

endik said...

apdeeeeettttttt................!!!